“Alhamdulillah, banyak pelanggan yang puas! Pesanan yang waktunya bersamaan akhirnya terpenuhi tanpa pake lama. Orderan sampai seketika. Terimakasih Chatbotika, customers kami makin setia!” (Customer Service pengguna Chatbotika)
Ilustrasi di atas setidaknya bisa menggambarkan bahwa bagi seorang customer service di sebuah perusahaan, kata-kata “saya puas, terimakasih atas layanan terbaiknya” sangatlah dinanti-nantikan dari pelanggannya. Sederhananya, mempertahankan kepuasan pelanggan yang telah lama setia adalah tantangan sendiri bagi setiap perusahaan. Agar pelanggan yang ada tetap setia, tentunya para pebisnis harus melakukan berbagai cara dan inovasi. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan Chatbotika, sebuah tools tambahan untuk mendukung customer service berbasis manusia. Ingin tahu bagaimana Chatbotika bisa mewujudkan impianmu mempertahankan pelanggan setia dan menjaring pelanggan baru? Ingin tahu keunggulan produk Chatbotika? Agar rasa penasaranmu terjawab, simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!
Saya teringat dengan pengalaman saat pernah menjadi reseller yang menjual produk berupa buku dan juga hijab. Saya dan istri saat itu berpikir bahwa berjualan secara online akan sangat menjanjikan. Mengapa buku dan hijab? Alasannya sederhana, karena ada kesempatan untuk menulis dan segmen yang kami targetkan untuk dua produk itu adalah para mahasiswa di Kota Jogja. Untuk produk buku, saya adalah salah satu penulisnya dan menjual kembali dengan sistem pre-order, sedangkan untuk hijab, kami desain sendiri dengan bahan yang dibeli lalu dijahitkan secara kolektif. Keuntungan yang kami dapat memang tidak terlalu banyak, tapi setidaknya masih cukup untuk bertahan hidup di awal pernikahan.
Berjualan memang hal baru bagi saya dan istri. Prinsip kami, harus dicoba dulu. Kami mulai pasarkan produk ke jaringan pertemanan pribadi, organisasi, sampai orang-orang yang tidak pernah kami temui sebelumnya. Kami anggap ini adalah tantangan baru bagi kami. Masa-masa mencari pelanggan baru agar tetap bisa balik modal, adalah hal yang tidak gampang. Untuk mereka yang pernah beli produk kami, mempertahankan kepercayaan adalah keniscayaan yang harus dijaga. Kalau review dari mereka bagus, bonusnya adalah mendapat pelanggan baru. Sebaliknya, kalau tidak berhasil membangun loyalitas, maka bukan tidak mungkin akan gulung tikar.
Beberapa bulan awal, jualan online kami lancar-lancar saja. Bahkan kami tambahkan produk kain batik motif khas pelajaran kimia. Namun, tidak disangka-sangka pesanan kian menurun. Kami mencoba mencari tahu akar masalahnya agar bisa segera teratasi. Ternyata penyebab utamanya adalah kurang tanggapnya kami membalas pesan, sehingga customer baru yang akan order akhirnya mengurungkan niat. Follow up kami terlalu lambat, apalagi kalau mereka pesan di luar jam kerja, kami tidak sempat membalas. Apalagi saat itu saya sesekali mengisi acara di luar. Belum siapnya sistem di jualan kami untuk merespon setiap chat yang masuk bersamaan, menjadi awal kemunduran jualan kami. Ditambah lagi, banyak sekali kompetitor yang produknya kekinian dengan layanan pelanggan lebih prima dan online 24 jam.
Bisnis buku dan hijab kami kini telah meredup, saya pun telah beralih profesi. Saya menyadari, setidaknya bisnis yang sempat jalan beberapa bulan itu memberikan pelajaran berharga yaitu agar memiliki strategi agar bisa mempertahankan pelanggan setia dengan produk kita. Tidak bisa dipungkiri bahwa fast response untuk membangun komunikasi yang baik kepada pelanggan adalah kunci utama dalam melayani pelanggan dan perlu ada sistem otomatis yang mengaturnya. Customer service berbasis manusia dengan keterbatasan yang ada pun belum cukup, perlu chatbot yang bisa menyempurnakannya. Chatbot adalah program di dalam komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio ataupun teks. Sederhananya, chatbot adalah agen interaktif berupa percakapan virtual dimana satu pihak adalah robot chat.
Peran Customer Service adalah faktor utama menjaga loyalitas pelanggan
Belajar dari kegagalan bisnis masa lalu, saya menarik kesimpulan bahwa ujung tombak sebuah bisnis terletak pada layanan pelanggannya. Ibaratkan peribahasa, “kalau dipanggil dia menyahut, kalau dilihat dia bersua” sangat tepat menggambarkan sosok customer service, ia dapat menyampaikan maksud dengan tepat dan cepat. Sebenarnya seberapa penting peran customer service dalam sebuah bisnis? Beberapa alasan pentingnya adalah sebagai berikut:
Pertama, melayani keluhan. Fungsi pertama ini melekat di customer service karena seorang customer service adalah penghubung antara konsumen dan produsen. Ia juga harus paham product knowledge dari produk perusahaannya dan piawai dalam menerima keluhan pelanggan. Selain itu, seorang customer service juga berperan dalam memberikan solusi kepada pelanggan atas keluhan yang disampaikan. Misalnya dalam kondisi ketika pembelian produk mengalami keterlambatan pengiriman, maka alternatif solusi harus segera disampaikan ke konsumen. Jika ternyata ada produk baru yang akan segera dirilis, seorang customer service juga harus siap menjawab pertanyaan para pelanggan dalam memberikan informasi spesifikasi produk. Keempat yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai kontrol produk. Customer service harus memiliki kemampuan analisis tinggi, good communication, dan prompt response dalam menjawab keluhan pelanggan seputar kualitas produk. Jika berhasil, misi utamanya dalam mengontrol produk akan berdampak signifikan untum meningkatkan reputasi perusahaan. Kelima, seorang customer service berperan dalam mempertahankan pelanggan dengan skill dan attitude yang dimiliki.
Semakin besar jangkauan bisnis perusahaan, semakin banyak pula member yang bergabung sehingga perlu customer service yang full time service, sekalipun sudah di luar jam kerja tetap bisa melayani sepuasnya. Yang terpenting juga, pelnggan setia tidak akan berpaling ke perusahaan sebelah!
Chatbotika Solusi Terbaik Bisnis Anda, Pelanggan Setia Tidak Akan Berpaling!
Mengingat betapa pentingnya memberikan layanan terbaik agar pelanggan tetap setia, maka meningkatkan kualitas peran customer service agar memberikan excellent service adalah mutlak dilakukan. Bayangkan Anda adalah seorang pebisnis dengan jumlah customer service terbatas, membalas chat pelanggan hanya saat jam kerja dengan tenaga utama manusia sudah tidak memungkinkan lagi. Perlu tambahan aplikasi yang bisa menjawab ribuan pesan masuk dalam satu waktu.
Botika, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) asal Yogyakarta, Indonesia sangat paham kondisi ini. Semangatnya untuk menghadirkan inovasi karya di bidang AI dengan Machine Learning dan Natural Language Processing (NLP), Botika kini meluncurkan Chatbotika, sebuah aplikasi dalam bentuk dashboard yang membantu admin untuk mengelola penjualan online dari berbagai media sosial. Admin customer service lebih mudah membalas ribuan chat dari pelanggan dengan teknologi chatbot, mulai dari melihat katalog hingga melakukan transaksi. Apalagi, aplikasi ini dapat didownload secara GRATIS di Google Play! Semua terjawab dengan Chatbotika Social Commerce! Simak tayangan berikut ini.
Jangan lupa subscribe ya!
Dengan Chat Botika Social Commerce, Anda akan disuguhkan berbagai kelebihan berikut:
- Fast Response, chat dengan pelanggan bisa terjawab selama 24 jam dalam 7 hari non-stop, tidak pakai lama dan ribet! Terobosan ini sangat ampuh untuk menjawab percakapan pelanggan dan akan meningkatkan reputasi bisnis Anda.
- All in One Chat, pelanggan bisa secara berkala untuk melihat katalog produk, mekanisme order, biaya pengiriman serta konfirmasi pembayaran. Semua kebutuhan pelanggan terintegrasi dalam satu aplikasi, Chat Botika!
- Personalisasi pelayanan, Chat Botika yang bisa menghubungi pelanggan melalui media sosial memberikan layanan yang lebih personal pelanggan tanpa ragu dan malu. Diantara media sosial yang terintegrasi yaitu: line, whatsApp, facebook messenger, dan telegram.
- Data Analitik terupdate, perusahaan akan mendapatkan report dari data total pesanan, total pelanggan, dan total percakapan untuk mencapai target penjualan secara maksimal.
- Automatic Reply, admin online ataupun seorang customer service dari online shop tidak perlu khawatir monitoring chat dari pelanggan karena akan dibalas secara otomatis dengan standar jawaban yang tepat.
- Otomatisasi order, kelebihan Chat Botika lainnya adalah memberikan pelanggan kesempatan bertransaksi dari satu chat yang sama.
Masih banyak lagi kelebihan yang diberikan Chat Botika. Nah, sebelum cerita ini berlanjut, mari saya ajak melihat keseruan kolaborasi kegiatan yang diadakan oleh Botika dan Line Indonesia ini.
Bagaimana menggunakan Chat Botika untuk bisnis Anda?
Ketika sudah berhasil di install di ponsel, para admin customer service dapat melakukan langkah-langkah berikut. Pertama, admin mengisi data diri dari dua akun yang disediakan, yaitu profil toko dan profil pengguna. Pada pengisian profil toko, pastikan isi secara lengkap karena data diri toko online Anda akan langsung terhubung dengan cetak label logo toko online saat pengiriman nanti. Klik hamburger button yang berada di pojok kanan atas pada halaman utama. Kemudian pilih akun “Profil Toko” dan isi datanya dengan lengkap.
Selanjutnya para admin mengatur konten toko untuk bisa diedit dan dibuat konten yang ditampilkan saat berkomunikasi dengan pelanggan melalui chat sehingga tampilan pasti sesuai keinginan. Selanjutnya, saatnya mengatur profil pengguna. Caranya sama, klik hamburger button yang ada di sebelah pojok kanan atas. Pilih akun “Profil Pengguna” lalu isi data profil admin toko/perusahaan dengan lengkap. Semudah itu, simpel kan?
Selanjutnya para admin mengatur konten toko untuk bisa diedit dan dibuat konten yang ditampilkan saat berkomunikasi dengan pelanggan melalui chat sehingga tampilan pasti sesuai keinginan. Selanjutnya, saatnya mengatur profil pengguna. Caranya sama, klik hamburger button yang ada di sebelah pojok kanan atas. Pilih akun “Profil Pengguna” lalu isi data profil admin toko/perusahaan dengan lengkap. Semudah itu, simpel kan?
Botika Product, produknya tepat dan lengkap!
Botika tidak pernah berhenti untuk terus berinovasi dan membantu bisnis para penggunanya. Karya pertama yang akan saya ceritakan adalah Chatbotika enterprises, membuat chat assistant untuk bisnis Anda sejak awal adalah langkah tepat untuk memanfaatkan kesempatan yang ada. Ini menjadi fungsi chaTbotika enterprise. Mau pesan tiket pesawat dengan cepat? Bisa banget dibantu dengan Chatbotika travel, dengan aplikasi ini agen tiket akan dimudahkan melayani setiap chat yang masuk dari customernya. Tambahan aplikasi ELIZA, ticket booking Anda juga akan secara cepat dilayani dan tiket Anda terpesan! Selanjutnya ada Chatbotika commerce. Online shop ataupun small medium enterprises tidak perlu khawatir, mereka bisa memiliki chatbot yang akan bekerja untuk melayani setiap orderan yang masuk, semua hanya dengan satu chat! Sangat membantu, bukan?
Untuk melihat lebih detail produk Botika, Anda bisa mengunjungi:
http://botika.online/product/
Menjawab Setiap Kesempatan Lewat Botika Solution
Tahukah Anda bahwa platform sosial saat ini berada pada perubahan trend? Tidak hanya digunakan untuk segi komunikasi, tetapi juga untuk keperlu bisnis yang lebih luas dan lebih dekat dengan para pelanggannya. Saatnya bisnis Anda menangkap peluang dari setiap pesan yang masuk. Botika sangat paham untuk menjadi teman yang akan membantu bisnis Anda dengan menjawab pesanan pelanggan hingga pada proses transaksi. Nilai plus-nya lagi, layanan Botika terintegrasi dengan media sosial yang dimiliki bisnis Anda. Benar-benar komplit, kenal lebih jauh solusi dari Botika dengan mengunjungi link berikut:
http://botika.online/solution/
Kalau tahu manfaatnya ternyata sebanyak ini, dari dulu saya bisa membuat akun di Botika melalui https://botmaster2.botika.online/login. Prosesnya mudah dan tidak perlu menunggu loading lama. Setelah mengenal lebih jauh dari ragam layanan yang diberikan Botika, saya dan istri jadi lebih semangat untuk menghidupkan bisnis kami lagi. Kelak bisa berkolaborasi dengan Botika. Karena sejatinya, adanya inovasi dari artificial intelligent (AI) bisa memberikan impact positif untuk manusia, dengan penggunaan yang baik. Selain bisa membantu para pengusaha, Botika telah membuktikan bahwa produk AI menjadi pelengkap untuk customer service berbasis manusia. Saya sangat optimis keduanya akan memberikan dampak positif yang lebih besar, pelanggan tetap setia dengan Chatbotika.
Demikian, banyak keuntungan yang didapat dengan aplikasi Chatbotika, tunggu apa lagi? Mari segera unduh di Google Play dan rasakan manfaatnya sekarang.
Artikel ini ditulis dalam rangka mengikuti Lomba Nulis Chatbotika dengan tema pertama “Bagaimana masa depan dari Customer Service berbasis manusia?” Semoga bermanfaat.
Referensi:
website Botika https://botika.online/
Youtube Botika https://www.youtube.com/channel/UCL9IhzOlepAFNCI45DZYRXA
Instagram Botika https://www.instagram.com/botikaonline/?hl=id
Infografis adalah hasil olahan pribadi penulis
Referensi:
website Botika https://botika.online/
Youtube Botika https://www.youtube.com/channel/UCL9IhzOlepAFNCI45DZYRXA
Instagram Botika https://www.instagram.com/botikaonline/?hl=id
Infografis adalah hasil olahan pribadi penulis