Pemasaran berjenjang (bahasa Inggris: multi level marketing atau MLM)
adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga
penyalur secara langsung. Harga barang yang ditawarkan di tingkat
konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen
karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi.
adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga
penyalur secara langsung. Harga barang yang ditawarkan di tingkat
konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen
karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi.
Ada beberapa fatwa ulama
yang penulis sarikan yang menjelaskan mengenai hukum MLM yang
sebenarnya. Ada sebagian ulama yang memberikan penjelasan syarat-syarat
dan gambaran bagaimana MLM bisa masuk kategori halal.
yang penulis sarikan yang menjelaskan mengenai hukum MLM yang
sebenarnya. Ada sebagian ulama yang memberikan penjelasan syarat-syarat
dan gambaran bagaimana MLM bisa masuk kategori halal.
Pertama: Fatwa Al Lajnah Ad Daimah (Komisi Fatwa di Kerajaan Saudi Arabia) tentang MLM yang Terlarang
Dalam fatwa Al Lajnah Ad Daimah no. 22935 tertanggal 14/3/1425 H
menerangkan mengenai MLM yang terlarang terhimpun berbagai permasalahan
berikut:
menerangkan mengenai MLM yang terlarang terhimpun berbagai permasalahan
berikut:
1. Di dalamnya terdapat bentuk riba fadhl dan riba nasi-ah.
Anggota diperintahkan membayar sejumlah uang yang jumlahnya sedikit
lantas mengharapkan timbal balik lebih besar, ini berarti menukar
sejumlah uang dengan uang yang berlebih. Ini jelas adalah bentuk riba
yang diharamkan berdasarkan nash dan ijma’. Karena
sebenarnya yang terjadi adalah tukar menukar uang. Dan bukan maksud
sebenarnya adalah untuk menjadi anggota (seperti dalam syarikat)
sehingga tidak berpengaruh dalam hukum.
Anggota diperintahkan membayar sejumlah uang yang jumlahnya sedikit
lantas mengharapkan timbal balik lebih besar, ini berarti menukar
sejumlah uang dengan uang yang berlebih. Ini jelas adalah bentuk riba
yang diharamkan berdasarkan nash dan ijma’. Karena
sebenarnya yang terjadi adalah tukar menukar uang. Dan bukan maksud
sebenarnya adalah untuk menjadi anggota (seperti dalam syarikat)
sehingga tidak berpengaruh dalam hukum.
2. Di dalamnya terdapat bentuk ghoror (spekulasi tinggi atau
untung-untungan) yang diharamkan syari’at. Karena anggota tidak
mengetahui apakah ia bisa menarik anggota yang lain ataukah tidak.
Pemasaran berjenjang atau sistem piramida jika berlangsung, suatu saat
akan mencapai titik akhir. Anggota baru tidaklah mengetahui apakah
ketika menjadi bagian dari sistem, ia berada di level tertinggi sehingga
bisa mendapat untung besar atau ia berada di level terendah sehingga
bisa rugi besar. Kenyataan yang ada, anggota sistem MLM kebanyakan
merugi kecuali sedikit saja yang berada di level atas sehingga beruntung
besar. Jadi umumnya, sistem ini mendatangkan kerugian dan inilah
hakekat ghoror. Ghoror adalah ada kemungkinan rugi besar atau untung besar. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dari jual beli ghoror sebagaimana disebutkan oleh Muslim dalam kitab shahihnya.
untung-untungan) yang diharamkan syari’at. Karena anggota tidak
mengetahui apakah ia bisa menarik anggota yang lain ataukah tidak.
Pemasaran berjenjang atau sistem piramida jika berlangsung, suatu saat
akan mencapai titik akhir. Anggota baru tidaklah mengetahui apakah
ketika menjadi bagian dari sistem, ia berada di level tertinggi sehingga
bisa mendapat untung besar atau ia berada di level terendah sehingga
bisa rugi besar. Kenyataan yang ada, anggota sistem MLM kebanyakan
merugi kecuali sedikit saja yang berada di level atas sehingga beruntung
besar. Jadi umumnya, sistem ini mendatangkan kerugian dan inilah
hakekat ghoror. Ghoror adalah ada kemungkinan rugi besar atau untung besar. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dari jual beli ghoror sebagaimana disebutkan oleh Muslim dalam kitab shahihnya.
3. Di dalam MLM terdapat bentuk memakan harta orang lain dengan cara
yang batil. Karena yang sebenarnya untung adalah perusahaan (syarikat)
dan anggota telah ditentukan untuk mengelabui yang lain. Ini jelas
diharamkan karena Allah Ta’ala berfirman,
yang batil. Karena yang sebenarnya untung adalah perusahaan (syarikat)
dan anggota telah ditentukan untuk mengelabui yang lain. Ini jelas
diharamkan karena Allah Ta’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا
تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ
تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ
تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ
تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan
harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan
yang berlaku saling ridho di antara kamu” (QS. An Nisa’: 29).
harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan
yang berlaku saling ridho di antara kamu” (QS. An Nisa’: 29).
4. Di dalam muamalah ini terdapat penipuan dan pengelabuan terhadap
manusia. Karena orang-orang mengira bahwa dengan menjadi anggota
nantinya mereka akan mendapatkan untung yang besar. Padahal sebenarnya
hal itu tidak tercapai. Ini adalah bentuk penipuan yang diharamkan dalam
syari’at. Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
manusia. Karena orang-orang mengira bahwa dengan menjadi anggota
nantinya mereka akan mendapatkan untung yang besar. Padahal sebenarnya
hal itu tidak tercapai. Ini adalah bentuk penipuan yang diharamkan dalam
syari’at. Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ غَشَّ فَلَيْسَ مِنِّى
“Barangsiapa menipu maka dia bukan dari golonganku.” (HR. Muslim dalam shahihnya).
Begitu pula Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا
فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِى بَيْعِهِمَا وَإِنْ كَذَبَا
وَكَتَمَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا
فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِى بَيْعِهِمَا وَإِنْ كَذَبَا
وَكَتَمَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا
“Orang yang bertransaksi jual beli masing-masing memilki hak
khiyar (membatalkan atau melanjutkan transaksi) selama keduanya belum
berpisah. Jika keduanya jujur dan terbuka, maka keduanya akan
mendapatkan keberkahan dalam jual beli, tapi jika keduanya berdusta dan
tidak terbuka, maka keberkahan jual beli antara keduanya akan hilang” (Muttafaqun ‘alaih).
khiyar (membatalkan atau melanjutkan transaksi) selama keduanya belum
berpisah. Jika keduanya jujur dan terbuka, maka keduanya akan
mendapatkan keberkahan dalam jual beli, tapi jika keduanya berdusta dan
tidak terbuka, maka keberkahan jual beli antara keduanya akan hilang” (Muttafaqun ‘alaih).
[Beda Makelar dan MLM]
Adapun pendapat bahwa transaksi ini tergolong samsaroh (makelar), maka itu tidak benar. Karena samsaroh adalah
transaksi di mana pihak pertama mendapatkan imbalan atas usahanya
mempertemukan barang (dengan pembelinya). Adapun MLM, anggotanya-lah
yang mengeluarkan biaya untuk memasarkan produk tersebut. Hakekat
sebenarnya dari samsaroh adalah memasarkan produk. Berbeda
dengan maksud MLM yang ingin mencari komisi. Karena itu, orang yang
bergabung dalam MLM memasarkan kepada orang yang akan memasarkan dan
seterusnya. Berbeda dengan samsaroh, di mana pihak perantara
benar-benar memasarkan kepada calon pembeli barang. Perbedaan di antara
dua transaksi ini adalah jelas.
transaksi di mana pihak pertama mendapatkan imbalan atas usahanya
mempertemukan barang (dengan pembelinya). Adapun MLM, anggotanya-lah
yang mengeluarkan biaya untuk memasarkan produk tersebut. Hakekat
sebenarnya dari samsaroh adalah memasarkan produk. Berbeda
dengan maksud MLM yang ingin mencari komisi. Karena itu, orang yang
bergabung dalam MLM memasarkan kepada orang yang akan memasarkan dan
seterusnya. Berbeda dengan samsaroh, di mana pihak perantara
benar-benar memasarkan kepada calon pembeli barang. Perbedaan di antara
dua transaksi ini adalah jelas.
[Beda Hibah dan Komisi MLM]
Adapun pendapat bahwa komisi-komisi tersebut masuk dalam kategori hibah (hadiah),
maka ini tidak benar. Andaikata pendapat itu diterima, maka tidak semua
bentuk hibah itu boleh menurut syari’at. Sebagaimana hibah yang terkait
dengan suatu pinjaman utang termasuk dalam riba. Karena itu, Abdullah
bin Salam berkata kepada Abu Burdah radhiyallahu ‘anhuma,
maka ini tidak benar. Andaikata pendapat itu diterima, maka tidak semua
bentuk hibah itu boleh menurut syari’at. Sebagaimana hibah yang terkait
dengan suatu pinjaman utang termasuk dalam riba. Karena itu, Abdullah
bin Salam berkata kepada Abu Burdah radhiyallahu ‘anhuma,
إِنَّكَ بِأَرْضٍ الرِّبَا بِهَا فَاشٍ ،
إِذَا كَانَ لَكَ عَلَى رَجُلٍ حَقٌّ فَأَهْدَى إِلَيْكَ حِمْلَ تِبْنٍ ،
أَوْ حِمْلَ شَعِيرٍ أَوْ حِمْلَ قَتٍّ ، فَلاَ تَأْخُذْهُ ، فَإِنَّهُ
رِبًا
إِذَا كَانَ لَكَ عَلَى رَجُلٍ حَقٌّ فَأَهْدَى إِلَيْكَ حِمْلَ تِبْنٍ ،
أَوْ حِمْلَ شَعِيرٍ أَوْ حِمْلَ قَتٍّ ، فَلاَ تَأْخُذْهُ ، فَإِنَّهُ
رِبًا
“Sesungguhnya engkau berada di suatu tempat yang riba begitu
merajalela. Jika engkau memiliki hak pada seseorang kemudian dia
menghadiahkan kepadamu sepikul jerami, sepikul gandum atau sepikul
tumbuhan, maka hadiah itu adalah riba.” (HR. Bukhari dalam kitab shahihnya). Dan hukum hibah dilihat dari sebab terwujudnya hibah tersebut. Karena itu beliau ‘alaihish shalatu wa sallambersabda kepada pekerjanya yang datang lalu berkata, “Ini untuk kalian, dan ini dihadiahkan kepada saya.” Beliau ‘alaihish shalatu wa sallam bersabda, “Bagaimana
seandainya jika engkau tetap duduk di rumah ayahmu atau ibumu, lalu
engkau menunggu apakah engkau mendapatkan hadiah (uang tips) atau tidak?” (Muttafaqun ‘Alaih)
merajalela. Jika engkau memiliki hak pada seseorang kemudian dia
menghadiahkan kepadamu sepikul jerami, sepikul gandum atau sepikul
tumbuhan, maka hadiah itu adalah riba.” (HR. Bukhari dalam kitab shahihnya). Dan hukum hibah dilihat dari sebab terwujudnya hibah tersebut. Karena itu beliau ‘alaihish shalatu wa sallambersabda kepada pekerjanya yang datang lalu berkata, “Ini untuk kalian, dan ini dihadiahkan kepada saya.” Beliau ‘alaihish shalatu wa sallam bersabda, “Bagaimana
seandainya jika engkau tetap duduk di rumah ayahmu atau ibumu, lalu
engkau menunggu apakah engkau mendapatkan hadiah (uang tips) atau tidak?” (Muttafaqun ‘Alaih)
Komisi MLM sebenarnya hanyalah diperoleh karena bergabung dalam
sistem pemasaran MLM. Apapun namanya, baik itu hadiah, hibah atau
selainnya, maka hal tersebut sama sekali tidak mengubah hakikat dan
hukumnya.
sistem pemasaran MLM. Apapun namanya, baik itu hadiah, hibah atau
selainnya, maka hal tersebut sama sekali tidak mengubah hakikat dan
hukumnya.
Kedua: Syaikh Dr. ‘Abdullah bin Nashir As Sulmi menerangkan mengenai syarat MLM yang halal
Syaikh ‘Abdullah As Sulmi memberikan tiga syarat MLM bisa dikatakan halal:
Pertama, orang yang ingin memasarkan produk tidak diharuskan untuk membeli produk tersebut.
Kedua, harga produk yang dipasarkan dengan sistem MLM tidak boleh
lebih mahal dari pada harga wajar untuk produk sejenis. Hanya ada dua
pilihan harga semisal dengan harga produk sejenis atau malah lebih
murah.
lebih mahal dari pada harga wajar untuk produk sejenis. Hanya ada dua
pilihan harga semisal dengan harga produk sejenis atau malah lebih
murah.
Ketiga, orang yang ingin memasarkan produk tersebut tidak disyaratkan
harus membayar sejumlah uang tertentu untuk menjadi anggota.
harus membayar sejumlah uang tertentu untuk menjadi anggota.
Jika tiga syarat ini bisa dipenuhi maka sistem MLM yang diterapkan adalah sistem yang tidak melanggar syariat.
Namun bisa dipastikan bahwa tiga syarat ini tidak mungkin bisa
direalisasikan oleh perusahaan yang menggunakan MLM sebagai sistem
marketingnya. Jika demikian maka sistem marketing ini terlarang karena
merupakan upaya untuk memakan harta orang lain dengan cara cara yang
tidak bisa dibenarkan.
direalisasikan oleh perusahaan yang menggunakan MLM sebagai sistem
marketingnya. Jika demikian maka sistem marketing ini terlarang karena
merupakan upaya untuk memakan harta orang lain dengan cara cara yang
tidak bisa dibenarkan.
[Fatwa Syaikh ‘Abdullah As Sulmi di Youtube]
Ketiga: Penjelasan Syaikh Sholih Al Munajjid tentang MLM dengan keanggotaan gratis dan tidak dipersyaratkan membeli produknya
Syaikh Sholih Al Munajjid pernah menerangkan mengenai sistem
pemasaran berjenjang dengan keanggotaan gratis dan tidak dipersyaratkan
membeli produknya. Beliau menerangkan bahwa sistem semacam ini termasuk samsaroh (makelar:
memasarkan produk orang lain) yang mubah karena berbeda dengan MLM
berbentuk piramida atau berjenjang dilihat dari beberapa alasan:
pemasaran berjenjang dengan keanggotaan gratis dan tidak dipersyaratkan
membeli produknya. Beliau menerangkan bahwa sistem semacam ini termasuk samsaroh (makelar:
memasarkan produk orang lain) yang mubah karena berbeda dengan MLM
berbentuk piramida atau berjenjang dilihat dari beberapa alasan:
- Orang yang ingin memasarkan produk tidak disyaratkan membeli barang tersebut atau menyerahkan sejumlah uang untuk menjadi anggota.
- Barang yang dijual benar-benar dijual karena orang yang membeli itu tertarik, bukan karena ia ingin menjadi anggota MLM.
- Orang yang menawarkan produk mendapatkan upah atau bonus tanpa diberikan syarat yang menghalangi ia untuk mendapatkannya.
- Orang yang memasarkan produk mendapatkan upah atau bonus dengan
kadar yang sudah ditentukan. Seperti misalnya, jika seseorang berhasil
menjual produk, maka ia akan mendapatkan 40.000. Ini jika yang
memasarkan produk satu orang. Jika yang memasarkan lebih dari satu,
semisal Zaid menunjukkan pada Muhammad, lalu Muhammad menunjukkan pada
Sa’ad, lalu Sa’ad akhirnya membeli; maka masing-masing mereka tadi
mendapatkan bonus yang sama atau berbeda-beda sesuai kesepakatan.
Wallahu waliyyut taufiq.
@ KSU, Riyadh, KSA, 14 Rajab 1433 H
Penulis : Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel Muslim.Or.Id